Tuesday, March 13, 2012

Khasiat sarang Semut Bagi Kita


Cara sukses tanpa MODAL 100% GRATIS!! Cara sukses tanpa MODAL 100% GRATIS!!
Khasiat sarang Semut Bagi Kita - Diartikel kali ini utuy akan membahas tentang Khasiat sarang Semut Bagi Kita. Sarang Semut ( Myrmecodia Jack ), merupakan tanaman epifit yang menempel pada tumbuhan lain, seperti pohon Kaha, Kayu Putih, dan Cemara Gunung. Walaupun tumbuhan ini epifit, akan tetapi tidak merugikan tanaman yang ia tumpangi. Myrmecodia ini memperoleh makanan dari kotoran semut-semut yang tinggal di dalamnya. Semut itu tertarik untuk tinggal di dalam sebuah Myrmecodia karena tanaman ini memprouksi gula (glikosida) yang bisa dimanfaatkan untuk makanan. Semut yang tinggal di dalam Myrmecodia ini ada tiga jenis yang berasal dari genus Irydomyrmex. Dan uniknya lagi, bila sudah ada satu jenis semut yang telah menghuni, semut jenis lain tidak mau bergabung.
Khasiat sarang Semut Bagi Kita - Dalam struktur sebuah tanaman sarang semut, terdapat beberapa senyawa-senyawa aktif yang berfungsi membantu tubuh kita, baik dalam sistem metabolisme ataupun yang lainnya. Sarang semut mengandung tiga golongan senyawa fenolik yaitu tanin terhidroksida, flavonoid, dan tanin terkondensasi. Senyawa-senyawa tersebut pada dasarnya adalah pertahanan diri tumbuahan, dan oleh manusia senyawa-senyawa tersebut dimanfaatkan sebagai bahan sebagai bahan aktif untuk obat. Flavonoid tidak lain adalah golongan senyawa bahan alam dari senyawa fenolik yang banyak merupakan pigmen tumbuhan.

Fungsi flavonoid ini dalam tubuh manusia adalah sebagai antioksidan, sehingga dengan fungsinya ini flavonoid sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah melindungi struktur sel, sebagai peningkat efektifitas vitamin c, mencegah peradangan (antiinflamasi), mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

Khasiat sarang Semut Bagi Kita - Dalam perannya sebagai antibiotik flavonoid bekerja langsung dengan mengganggu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Fungsi flavonoid sebagai antivirus sudah banyak dipublikasikan termasuk untuk virus HIV dan herpes.
Setelah melalui penelitian-penelitian muktahir, akhirnya terungkap bahwa flavonoid tidak hanya berfungsi sebagai pencegah kanker namun juga untuk pengobatan kanker. Mekanisme-mekanisme kerja Flavonoid yang kini sudah terungkap misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptois, dan diferensiasi membuktikan bahwa flavonoid dapat mencegah sekaligus mendukung pengobatan kanker atau tumor, TBC, dan rematik.

Tanin, dapat mengikat dan megendapkan protein. Umumnya tanin digunakan untuk penyamakan kulit, tetapi di bidang pengobatan, tanin juga bisa diaplikasikan untuk mengobati diare, hemostatik dan wasir. Kandungan tanin juga diduga kuat berkaitan dengan kemampuan sarang semut secara empiris untuk pengobatan ambeien(wasir) dan mimisan.

Tumbuhan sarang semut kaya akan kandungan antioksidan yaitu tokoferol (vitamin C) dan beberapa mineral yang penting untuk tubuh seperti kalsium,natrium, kalium, seng, besi, fosfor, dan magnesium. Kalsium berfungsi dalam kerja jantung, impuls saraf dan pembekuan darah. Besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin , transpor oksigen dan aktifator enzim. Fosfor berguna berguna dalam penyerapan kalsium serta pembentukan energi. Natrium bekerja dalam menjaga keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, serta impuls saraf. Kalium berfungsi dalam mengatur ritme jantung, impuls saraf dan keseimbangan asam basa.

Khasiat sarang Semut Bagi Kita - Seng berguna untuk sintesis protein , penyimpanan insulin, penyembuhan luka, metabolisme karbohidrat, dan fungsi seksual. Dan magnesium berperan dalam fungsi hati, tulang, otot, transfer air intraseluler, aktivasi neuromuskuler, dan menjaga keseimbangan basa. Dari manfaat-manfaat tersebut sudah jelas terlihat bahwa sarang semut memiliki khasiat dalam membantu mengatasi penyakit, seperti gangguan jantung, melancarkan peredaran darah serta haid, mengobati keputihan, migren, gangguan fungsi ginjal serta prostat, meulihkan stamina dan kesegaran tubuh, serta memulihkan gairah seksual.

Khasiat sarang Semut Bagi Kita - Dan berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan suatu penghambatan terhadap aktivitas enzim xanthine oxidase oleh ekstrak tumbuhan sarang semut ini . Dan penghambatan aktivitas enzim xanthine oxidase ini ssetar dengan penghambatan yang dilakukan oleh obat komersial bernama allopurinol, yang digunakan untuk pengobatan asam urat (salah satu jenis penyakit rematik: Para ahli menduga mekanisme tersebut dilakukan oleh senyawa flavonoid. fenomena inilah yang dapat memperkuat khasiat tumbuhan sarang semut untuk mengatasi penyakit rematik, yang telah banyak terbukti secara empiris.
Sumber: http://afghanaus.com/khasiat-sarang-semut/

0 komentar

 
BlogThietKe
© 2013 Utuy-semrawut | Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Comments RSS | Back to top